Jasafoto.my.id- Hai, kamu yang ingin memiliki usaha, tidak usah ragu! Tidak ada salahnya
untuk mencoba memulai usaha dari nol. Bahkan, tidak ada kata terlambat untuk
memulai ya. Jadi, mari pikirkan usaha apa yang kamu ingin (geluti) tekuni dan
bagaimana membangun merek bisnis dari awal.
Seperti
kita ketahui, membangun bisnis khususnya merek dari bawah ke atas bukan lah pekerjaan
yang mudah. Pasti, ada banyak sekali
pertanyaan di benak kamu, dan kamu memikirkan tentang bagaimana menghubungkan
itu semua; mulai dari apa yang hendak kamu jual dan target market siapa yang
ingin dijangkau. Memang memulai bisnis tidak mudah, tetapi banyak sekali
artikel maupun seminar yang mengajarkan kita bagaimana memulai bisnis.
Kamu
perlu mengetahui terlebih dahulu, bagaimana
membangun identitas merek untuk bisnis kamu agar diketahui kalayak
ramai. Sebelumnya, apakah kamu sudah
tahu apa yang dimaksud dengan MEREK?
Ingat, merek bukan lah sekedar nama, maupun logo yang bisa dikenali.
Serta untuk membedakan produk kamu di pasar.
Merek kamu adalah bagian bagaimana orang memandang kamu di mana pun
mereka berinteraksi dengan bisnis kamu.
Pikirkan
saja, setiap orang memiliki label mereka masing-masing; seperti nama, wajah, gaya,
bahkan cara berkomunikasi, hal ini yang membedakan setiap orang; begitu juga
merek produk yang hendak kamu jual. Bisnis memiliki nama, produk, logo, warna,
font, suara, dan reputasi yang membentuk apa adanya dan memengaruhi persepsi calon
konsumen ataupun konsumen itu sendiri.
Cara
terbaik untuk membangun merek dimulai dengan menetapkan seperti apa konsistensi
YANG nantinya akan menimbulkan perasaan yang ingin kamu bangkitkan. Merek yang
bagus bisa membantu produk kamu menonjol dari yang lain.
Bagaimana Cara Membangun Merek?
Membangun
merek baru pada dasarnya bermuara pada tujuh langkah:
Teliti target
market dan pesaing.
Fokus.
Pilih
nama bisnis.
Tulis
slogan.
Pilih
tampilan merek (warna dan font).
Desain
logo merek kamu.
Terapkan
merek kamu di seluruh bisnis kamu.
Walaupun
ada kemungkinan kamu akan meninjau kembali beberapa langkah saat kamu membuat
merek kamu. Namun, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan setiap aspek saat kamu
ingin membentuk identitas merek kamu.
Bagaimana cara membuat merek yang sukses?
Kamu
bisa mempelajari cara untuk membangun meek yang bermakna dan dapat dikenali
untuk bisnis online kamu. Soalnya, zaman sekarang sangat penting untuk
mengembangkan bisnis di era digital dalam dunia digital. Karena itu, sangat
penting untuk menargetkan pasar dan pesaing kamu.
Itulah
sebabnya, sebelum kamu mulai membuat keputusan tentang cara membuat merek
bisnis, kamu perlu memahami pasar saat ini, yaitu siapa pelanggan potensial dan
pesaing kamu saat ini. Caraya, dengan melakukan riset atau google kategori
maupun layanan yang hendak jadi bisnis kamu. Analisa langsung mengenai pelanggan
pesaing kamu dengan membaca review rekomendasi produk mereka.
Kemudian,
bicaralah dengan orang-orang yang merupakan bagian dari target pasar kamu dan
tanyakan kepada mereka merek apa yang mereka beli di tempat kamu. Lihatlah akun
atau halaman media sosial yang relevan yang diikuti dan diterima oleh konsumen target
kamu.
Lalu, berbelanja
online atau offline dan rasakan bagaimana pelanggan kamu akan menelusuri dan
membeli produk. Jangan lupa, saat melakukan penelitian buat catatan mengenai Siapa
pelanggan yang paling mudah untuk kamu menjual produk kamu. Siapa pesaing utama
kamu dan merek yang sudah mapan dan dikenal di pasar.
Catat juga
bagaimana pelanggan kamu berbicara dan apa yang mereka bicarakan—minat yang
mereka miliki dan bahasa yang mereka gunakan untuk mengekspresikannya. Penting
untuk menangani hal ini, sebelum bergerak maju, karena ini akan
menginformasikan apa yang harus menjadi fokus merek kamu dan bagaimana kamu dapat
memposisikan dirimu terpisah dari pesaing.
Jangan
lupa untuk FOKUS! Kamu tidak bisa membuat merek kamu menjadi segalanya bagi semua orang, terutama di awal. Karena itu, penting untuk menemukan fokus kamu dan membiarkan hal itu
menginformasikan semua bagian lain dari merek kamu saat kamu membangunnya.
Buatlah
tagline merek kamu untuk bisa dikenal di pasar. Untuk menemukan hal ini tidak lah mudah.
Ingat iklan rokok, mereka tidak pernah menunjukan produk mereka. Namun, orang
sudah tahu kalau itu adalah iklan rokok.
Ingat, kata-kata
apa yang akan kamu kaitkan dengan merek kamu? Hal
itu merupakan salah satu cara untuk membangun merek kamu adalah dengan membayangkan merek kamu sebagai pribadi. Akan seperti
apa dia? Kepribadian seperti apa yang membuat pelanggan kamu tertarik?
Hal ini bisa membantu menginformasikan suara
kamu di media sosial dan nada semua kreatif kamu, baik visual maupun tertulis. Latihan yang menyenangkan dan
bermanfaat tentang cara membuat merek baru adalah dengan mengajukan tiga hingga
lima kata sifat yang menggambarkan jenis merek yang mungkin beresonansi dengan konsumen kamu.
Metafora atau konsep apa yang menggambarkan merek?
Pasti,
kamu akan memikirkan
mengenai identitas merek kamu sebagai metafora yang dapat membantu kamu mengidentifikasi kualitas
individu yang diinginkan. Misalnya, jika kamu ingin membangun wirausahawan penargetan merek kamu, kamu dapat
memilih untuk menggunakan gambar kamera. Nah, apa sih kamera itu, kenapa mesti kamera dan
kamera itu menggambarkan apa dalam brand atau merek usaha kamu? Nah, kurang
lebih seperti ini. Ini baru dua langkah awal untuk membangun merek bisnis dari
awal atau zero. Masih mau lanjut kah? Jangan lupa kunjungi lagi minggu depan!
0 comments:
Post a Comment